Selasa, 05 Januari 2010

tulisan etika bisnis

Tiada lagi SMS Gratis Lintasoperator dari Telkomsel
Senin, 04 Januari 2010 21:20 WIB
Penulis : Rina Garmina


JAKARTA--MI: Telkomsel menghentikan program SMS gratis lintasoperator mulai 6 Januari 2010. Penghentian program merupakan bentuk kepatuhan terhadap regulasi dalam menjalankan operasional perusahaan.

Regulasi yang dimaksud adalah Surat Plt Dirjen Postel selaku Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 306/BRTI/XII/2009 tentang larangan promosi tarif nol dan pemberian bonus gratis untuk layanan SMS antaroperator.

Menurut anggota BRTI Heru Sutadi, BRTI sebenarnya telah menerbitkan larangan untuk penawaran SMS gratis lintasoperator pada Desember 2008 yang dituangkan lewat Surat Dirjen Postel selaku Ketua BRTI Nomor 325/BRTI/XII/2008.  Namun, berhubung operator masih menawarkan SMS gratis lintasoperator, BRTI kembali melarang operator telekomunikasi.

"BRTI menegaskan hingga saat ini para penyelenggara telekomunikasi masih dilarang untuk menawarkan tarif nol dalam promosi dan pemberian bonus gratis untuk layanan SMS lintas penyelenggara telekomunikasi," papar Heru kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin (4/1).

Berlatar belakang adanya Surat Plt Dirjen Postel tersebut, Telkomsel akan mulai menghentikan program SMS gratis lintasoperator pada 6 Januari 2010. "Setuju karena kompetisi akan berjalan lebih wajar," kata Direktur Utama Telkmsel Sarwoto Atmosutarno kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin (4/1).

Ketika ditanya mengapa Telkomsel menyetujui regulasi tersebut, Sarwoto mengungkapkan bahwa program SMS gratis lintasoperator hanya menguntungkan operator pengirim. Sementara itu di pihak operator penerima SMS menjadi beban jaringan.

Bisa begitu karena sistem penarifan untuk SMS gratis lintasoperator menggunakan pola sender keep all. Skema tersebut, tegas Sarwoto, tidak adil. (Noy/OL-03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar